Masalah Konten Berita Palsu Mencuat, Membuat Google Turun Tangan

rizkylendes | 20 Nov 2016 - 18:50 Wita

Assalamu’allaikum…

Akhir-akhir ini raksasa teknologi yaitu Google tengah berupaya untuk membasmi konten yang mencoba menyebarkan berita-berita palsu.

Gambar via learn2free.com

Keputusan ini dilakukan oleh Google didasari oleh keperihatinan atas tersebar luasnya informasi online yang tidak tepat, sehingga mereka malakukan beberapalangkah untuk membatasi upaya penyebaran informasi dari website-website yang kurang tepat dalam menginformasikan suatu berita.

Perubahan kebijakan menjadi salah satu cara untuk membatasi penyebaran informasi yang kurang tepat, yaitu dengan cara membatasi penampilan iklan melalui layanan Adsense.

Perubahan kebijakan yang ditempuh Google ini akan segera diterapkan, kata juru bicara Google Andrea Faville kepada Reuters via AntaraNews.com.

“Melangkah ke depan, kami akan membatasi layanan iklan pada laman-laman yang salah menggambarkan, salah mengutarakan atau mengaburkan informasi menyangkut penerbit, konten penerbit atau tujuan dasar properti web,” kata Faville.

Tentu dengan kebijakan seperti ini akan membuat halaman-halaman yang memberitakan berita palsu akan mendapat ganjaran akibat kelalaian dalam menginformasikan suatu informasi.

Menurut Saya kabijakan Google ini mencakup semua halaman yang menggunakan layanan iklan Adsense, tak terkecuali situs berita mainstream yang menggunakan layanan Google Adsense. Jika mereka salah didalam memberitakan suatu berita, kemungkinan akan dapat ganjaran pembatasan iklan.

 


TAGS #Opini / Google / Berita palsu /


Tebar Artikel:
loading...

Info Penulis

Rizky Lendes
@riz...97

Tulisan Baru

Komentar Terbaik

Categories

 Blogger Sulteng